Minggu, 03 Maret 2013

Qusai aka Don Legend the Kamelion


Qushay Kheder  (dalam  bahasa Arab : قصي خضر, lahir 21 Mei 1978), dikenal dengan nama panggung  Qushay  dan  Qushay alias Don Legenda Kamelion tersebut , adalah  Arab Saudi  rapper ,  penyanyi / penulis lagu ,  produser rekaman ,  kepribadian televisi , dan  DJ . Catatan platinum, Qushay adalah rapper profesional pertama dari bangsa Saudia Arabia.
Selain karir musiknya, Qushay telah muncul di televisi sebagai co-host  Hip Hop Na  pada  MTV Arabia  dengan hip-hop produser  Fredwreck  dan sebagai co-host, dengan  Raya Abirached , pada  MBC4 's  Got Talent Arab .

 Qushay Kheder lahir di  Riyadh  di Kerajaan Arab Saudi dan dibesarkan di  Jeddah . Sebuah penggemar hip-hop sejak kecil, Kheder mulai tampil dan DJing pada usia 15.
Pada usia 17 pada tahun 1996, Kheder pindah ke Amerika Serikat untuk menghadiri kuliah, pertama  Vermont , dan kemudian ke  Orlando, Florida .
Dengan diperkenalkannya mitra baru, Productions Eyesomnia berkembang menjadi Usaha Eyesomnia pada tahun 2004. Di bawah label Eyesomnia, Don Legenda merilis dua album solo, dan juga merekam dua EP dan sebuah album penuh sebagai bagian dari Legacy Perkotaan duo dengan sesama MC D-Light. Jalur "Jeddah (Kota My Hometown)" dari album independen pertama nya,  The Life of Soul Hilang , mulai buzz bagi seniman di kota kelahirannya kembali di Arab Saudi.  Legenda dilakukan secara teratur di tempat-tempat kinerja beberapa acara musik di Orlando daerah selama awal hingga pertengahan 2000-an.  Ia juga tampil di pertunjukkan di Chicago, Atlanta, New York, dan lainnya besar kota di AS.
Kembali ke Arab Saudi
Don Legenda kembali ke Arab Saudi pada tahun 2005, mengubah nama panggung untuk Qushay dan penandatanganan dengan Catatan Platinum, yang berbasis di Dubai. Album pertamanya untuk Platinum adalah tahun 2008  Don Legenda Kamelion tersebut , yang terjual lebih dari 20.000 eksemplar di Timur Tengah dan tetap nomor satu album di Music KSA grafik Guru selama tiga minggu berturut-turut. Album kedua, Edutainment Eksperimental  (2010), terjual 30.000 eksemplar dan album nomor satu di chart album Virgin teratas di Wilayah Teluk selama empat minggu berturut-turut. Penjualan tersebut dicapai tanpa distribusi internasional atau penjualan online.
Qushay catatan dan melakukan dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris. Dua single nya, "The Wedding" (2008) dan "The Job" (2010) telah nomor satu lagu di Atas daftar Wanasah yang 10 dan 103 MBC FM. Video untuk single "Ibu" Qushay yang ditayangkan di  MBC  jaringan televisi bertepatan dengan Hari Ibu (21 Maret) tahun 2009. Qushay terus melakukan seluruh Eropa dan Timur Tengah.
Selain musiknya, Qushay mulai bekerja di televisi juga. Dia dan hip hop sesama Arab artis  Fredwreck  host  Hip Hop Na  ( kami Hip-Hop ), hip-hop pencarian bakat acara kontes, untuk  MTV Arabia  pada tahun 2007.  Hip Hop Na  menjadi Arab pertama hip-hop pertunjukan dan acara unggulan untuk MTV Arabia.  tahun 2009, Qushay dan Fredwreck mulai hosting  Beit Hip Hop el  ( The House of Hip-Hop ) di TV Wanasah. Pada tanggal 14 Januari 2011, Qushay mulai muncul sebagai tuan rumah co-, dengan Abi Rached Raya, dari  Arab Got Talent  pada MBC4.  Ia juga bernyanyi dengan banyak penyanyi seperti  Ludacris ,  Akon ,  Karl Wolf  dan lain-lain.


sumber : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar